Semua Analis Teknikal atau pengguna pasti bisa mendefinisikan Analisis Teknikal. Primary Trader ingin membagikan definisi Analisis Teknikal berdasarkan buku – buku yang harus dipelajari oleh seorang peserta ujian Certified Financial Technician (CFTe). Berikut adalah buku dan definisi Analisis Teknikal di dalam masing – masing buku :

Bila ketiga definisi dari ketiga buku tersebut “digabungkan”, berikut adalah definisi Analisis Teknikal yang cPrimary Trader pahami :

Study and Art in Graphic Form of history Market Action to : 1) Forecast Future Price Trend and 2) Identify a Trend Reversal at Relatively Early Stage

Berikut poin – poin penting dari definisi gabungan tersebut :

· Primary Trader memandang Analisis Teknikal sebagai Ilmu sekaligus Seni. No Further Debate

· Analisis Teknikal menggunakan grafik yang berisi Market Action masa lalu

· Market Action dapat diartikan sebagai tiga data pasar terpenting yaitu Harga, Volume dan Open Interest

· Tujuan Analisis Teknikal ada dua yaitu memprediksi tren harga di masa depan dan mengantisipasis secara bertanggung jawab perubahan tren seawal mungkin

Dengan demikian, Analisis Teknikal menggunakan data Harga, Volume dan Open Interest yang sudah terjadi dalam rangka menjawab dua pertanyaan penting yaitu : 1) kemanakah tren harga berikutnya dan 2) apakah sudah ada tanda – tanda perubahan tren.

Dalam hal menerapkan Analisis Teknikal dengan baik dan benar maka selain memahami definisi, perlu juga dipahami tiga landasan berpikir dalam Analisis Teknikal. The Primary Trader akan bagikan di tulisan berikutnya.