Sumber Risiko Terbesar dari Pasar Keuangan Global di Tahun 2020

Photo by Jason Leung on Unsplash

The Primary Trader membaca artikel dari CNBC mengenai risiko – risiko terbesar di pasar keuangan tahun 2020. Beberapa hal yang The Primary Trader catat adalah :

Berlanjutnya Trade War AS – China karena Trade Deal yang terdengung kencang 2 minggu terakhir kembali tidak jelas.

Perlambatan ekonomi China yang mencapai 6% di 3Q19. Memang tidak masalah pertumbuhan ekonomi sebesar itu (hampir 2x dari pertumbuhan ekonomi dunia yang sebesar ~3%) namun perlu diingat hutang di China sangat besar sehingga diperlukan pertumbuhan ekonomi yang tumbuh (bukan melambat seperti yang terlihat sekarang ini) untuk terus menjaga hutang tetap sehat (masih dapat dibayar bunganya dan dilunasi pokoknya).

China GDP Annual Growth Rate

Politik di AS dimana proses pemakzulan Trump telah dimulai serta adanya Pemilu Presiden AS di tahun 2020.

Dan yang terpenting tentu bank sentral AS yaitu The Federal Reserve yang pada FOMC Meeting terakhir menurunkan Fed Fund Rate sebesar 0.25% menjadi 1.75% namun akan terus mempertahankan rate sebesar 1.75% kecuali ekonomi AS terbukti melambat (ekonomi AS di 3Q19 tumbuh 1.9% disaat diperkirakan tumbuh lebih lambat yaitu 1.6%). Investor mengharapkan The Fed secara agresif menurunkan suku bunga terutama dalam menghadapi ancaman resesi di tahun 2020.

United States Fed Funds Rate

Dampak terhadap IHSG ?

Ancaman resesi serta perlambatan ekonomi suatu negara apalagi banyak negara (global) adalah penggerak pasar saham namun ke bawah (turun atau menjadi sentimen negatif). Oleh karena itu, ancaman resesi menjadi alasan untuk menghindari pasar saham atau setidaknya lebih berhati – hati dan selektif sekali dalam memilih sektor dan saham.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s