DEAL ! S&P500 Tetap Uptrend, Begitupun Dengan IHSG.

Trade Deal Fase 1

Presiden AS dan Wakil Presiden China menandatangani Trade Deal fase 1. China berjanji akan membeli barang – barang AS sebanyak total US$200 miliar dalam 2 tahun ke depan. AS berjanji tidak menaikkan tarif terhadap barang – barang China lagi. Namun AS belum akan menurunkan tarif sampai Pemilu di November 2020.

Menurut The Primary Trader, Trade Deal fase 1 ini sudah cukup untuk memberikan sentimen positif di 1Q20. Sentimen berikutnya akan muncul dari data ekonomi serta laporan keuangan emiten AS dan China di 1Q20 yang baru akan dirilis pada April 2020. Meskipun untuk saat ini sudah cukup, tampaknya masih ada Investor dan Pelaku Bisnis yang pesimis signifikansi Trade Deal ini.

Uptrend Pada Bursa AS

S&P500 telah mencapai target menggunakan Fibonacci Retracement dari level 2,940 di Oktober 2018 sampai 2,350 di Desember 2018 yaitu di 3,300 atau 1,618 (161,8%) dari Fibonacci. Masih ada target berikut yaitu di 200% di 3,530an.

The Primary Trader meyakini Uptrend S&P500 masih bertahan namun mungkin akan sulit sampai ke level 3,500an. Investor mulai mengkhawatirkan valuasi S&P500 yang sudah Overvalued. Meskipun kenaikan S&P500 sekarang ini disebabkan sentimen positif karena Trade Deal fase 1, The Primary Trader perkirakan S&P500 akan mulai mengalami momentum penurunan setelah mendekati atau menyentuh 3,400.

Melihat bursa AS lain yaitu Dow Jones Industrial Average (DJIA) dan Dow Jones Transportational Average (DJTA), The Primary Trader melihat Uptrend di pasar saham AS memang sehat.

DJIA masih dalam Uptrend menuju 30,300 – yang merupakan target dari Fibonacci Retracement di 1,618 atau 161,8%. Target ini diperoleh dari level 27,000 di Oktober 2018 sampai 21,700 di Desember 2018 (pergerakan yang sama dengan S&P500).

Menggunakan Dow Theory yang mengatakan “Average Must Confirm Each Other”, The Primary Trader melihat DJTA – saudar kembar DJIA.

DJTA memang belum dalam All Time High seperti DJIA dan S&P500. Namun saat ini DJTA sudah Breakout level tertinggi dari sejak September 2018. The Primary Trader meyakini DJTA mampu melewati All Time High di 11,623 seperti halnya DJIA dan S&P500. Dengan potensi DJTA membentuk New All Time High maka Uptrend di pasar saham AS terkonfirmasi. Meski demikian, hal tersebut bukan jaminan Uptrend di pasar saham AS masih dapat berlangsung dalam jangka menengah atau panjang.

VIX Index sebagai indeks persepsi risiko di AS memang kembali di level rendah. Namun The Primary Trader melihat kenaikan yang terjadi berikut pada VIX akan membuka peluang VIX terus naik sampai level tertinggi dalam satu tahun terakhir di 22 – 24. Level ini tercapai ketika Investor mengkhawatirkan eskalasi Trade War dan ancaman kenaikan Fed Fund Rate.

Ancaman di tahun 2020 yang mungkin meningkatkan VIX Index adalah gagalnya Trade Deal fase 1 (karena mungkin China tidak menepati janji untuk membeli produk AS), eskalasi tensi AS – Iran serta pemakzulan Trump.

Dampak Pada IHSG

The Primary Trader melihat IHSG masih mempertahankan minor Up Trendline dari awal Desember 2019 yang menjaga peluang IHSG naik menuju 6,450. Masih ada harapan kenaikan IHSG ini bagian dari January Effect.

Menggunakan indikator Stochastic Oscillator (yang telah The Primary Trader modifikasi), terlihat bahwa IHSG masih berpotensi mengalami penurunan namun Stoch. Oscillator sudah mendekati area Oversold. Oleh karena itu, penurunan yang mungkin terjadi seharusnya sudah terbatas.

Namun demikian, The Primary Trader melihat Stoch. Oscillator tersebut berpotensi segera melakukan Bullish Crossover atau memberikan sinyal Buy. Hal ini terlihat pada indikator Stoch. Oscillator Histogram dimana Histogram-nya yang saat ini berada di area negatif mulai mencatat kenaikan. Kondisi ini mengindikasikan %K-line dari Stoch. Oscillator akan segera Crossover dengan %D-Line dan kemudian membuat kondisi dimana muncul sinyal Buy.

The Primary Trader yakin sentimen pada pasar saat ini adalah Bullish. Terlebih lagi apabila draf Omnibus Law jadi diselesaikan dalam 1-2 minggu ke depan (atau di bulan Januari 2020 ini).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s