Tetap Percaya Meski Ada Black Swan Ke-2

(Masih) Dalam Koridor Technical Correction Wajar

Penurunan IHSG sampai saat ini masih dalam koridor Technical Correction yang wajar. Hal ini terlihat dari area Fibonacci Retracement dimana saat ini IHSG baru mencapai 50%. Masih ada ruang untuk penurunan (wajar) yaitu sampai 61.8% atau di 6,090 – 6,100. Selama IHSG masih beradadi atas 6,090, potensi Uptrend IHSG masih ada.

Meskipun Tech. Correction wajar dan masih ada harapan Uptrend, tampaknya sulit untuk IHSG mencatat January Effect karena saat ini (YTD), IHSG sudah -2.4%. Penurunan yang cukup dalam ini disebabkan adanya wabah Novel Coronavirus yang berasal dari China dan mulai tersebar, termasuk AS. The Primary Trader melihat hal ini sebagai peristiwa Black Swan yang ke-2 di Januari 2020 setelah Black Swan yang pertama adalah serangan AS kepada Jenderal Iran.

The Primary Trader mengkhawatirkan munculnya 2 Black Swan di awal tahun 2020 ini adalah pertanda bahwa akan banyak Black Swan berikutnya. Hal ini mungkin akan menjadi pertanda kurang bagus bagi pasar saham karena Investor tidak menyukai risiko yang tidak dideteksi sebelumnya. Semoga feeling The Primary Trader salah.

Oversold dan Undershoot

Melihat pergerakan IHSG, saat ini IHSG telah mencatat penurunan sebesar 1.8% dalam seminggu (5 hari) terakhir dan 2.9% dalam sebulan (20 hari) terakhir. Dalam setahun terakhir, IHSG cenderung berhenti turun ketika sudah menyentuh penurunan sebesar 3.5% dalam 5 hari terakhir dan 5% dalam 20 hari terakhir. Berdasarkan historis, secara analisis teknikal, dapat diharapkan IHSG mulai mendekati akhir dari penurunan tersebut dan mendekati Bottom.

Menggunakan indikator Bollinger Band, IHSG pun sudah di bawah Lower Bollinger Band sehingga The Primary Trader menyebutnya Undershoot. Umumnya saham yang Undershoot tidak lama sehingga ada kecenderungan naik ke atas Bollinger Band.

Meski ada potensi naik ke atas Bollinger Band namun The Primary Trader mengkhawatirkan arah dari Middle Bollinger Band yang mulai mengarah ke bawah. Untuk lebih jelas lagi, Middle Band Direction yang mulai berada di area negatif dan berarti arah Middle Band Direction ke bawah.

Ada catatan penting lainnya yaitu lebar dari Bollinger Band yang cenderung melebar. Artinya adalah volatilitas IHSG akan meningkat dan ketika arah harga cenderung turun (Downtrend) maka tentu penurunannya lebih dalam. Indikator Bandwidth Bollinger Band yang mulai meningkatkan menunjukkan potensi peningkatan volatilitas tersebut.

Kesimpulan ?

Meskipun Black Swan membuat Investor mengambil langkah aman, namun persepsi Bullish masih terlihat. The Primary Trader melihat skenario Bullish berpotensi muncul dengan IHSG tetap bertahan di atas 6,000. The Primary Trader perkirakan (dan berharap) IHSG akan mempertahankan Technical Correction wajar sehingga tidak akan turun di bawah 6,090. Namun bila ternyata IHSG turun di bawah 6,090 dan tidak lagi menjadi Technical Correction wajar, selama IHSG bertahan di 6,000 atau Up Trendline dari sejak Juli 2018, maka harapan Uptrend Jangka Panjang masih ada.

Kenapa harus di atas 6,000 ? Karena IHSG sejak Juli 2019 terus membentuk Lower Low (#1 sampai #3 di 5,900). Apabila IHSG membentuk Low di 6,000 maka Lower Low tidak lagi terbentuk dan hal tersebut adalah indikasi akhir dari Downtrend (sejak Juli 2019).

Katalis Positif Untuk IHSG

Penguatan Rupiah karena masuknya Investor Asing (sehingga pasar obligasi sangat bagus) tentu disebabkan oleh potensi ekonomi Indonesia di tahun 2020. Omnibus Law yang masih dipersiapkan pemerintah, kelanjutan pembangunan infrastruktur, pemanfaatan infrastruktur yang sudah ada untuk menjalankan ekonomi, B30 yang sudah berjalan serta pemangkasan kuota impor minyak dari Pertamina akan menjadi sentimen – sentimen positif bagi IHSG.

Selain itu, ada kecenderungan IHSG untuk mencatat Return yang cukup baik setelah 1-2 tahun turun atau mencatat Return yang rendah (seperti tahun 2018 dan 2019).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s