Stimulus Fiskal Sebagai Penyelamat (Bila Dilaksanakan)

Investor mulai terlihat optimis setelah Presiden AS berencana untuk memberikan stimulus fiskal berupa pemotongan pajak penghasilan. Namun ternyata dalam satu malam, rencana tersebut ditunda. Hal ini mungkin akan membuat Investor kembali khawatir. Beberapa pihak pun memperkirakan pemotongan pajak penghasilan belum mampu membalikkan kekhawatiran akan wabah Covid-19.

Saat ini penyebaran wabah Covid-19 mulai melebar ke negara Eropa. Penyebaran di Korea Selatan dan Iran mungkin sudah mulai mereda namun penyebaran di Italia masih tinggi dan Perancis serta Spanyol mulai meningkat. Beberapa pejabat penting negara seperti Menteri Kesehatan Inggris, Jendral Polandia dan bahkan pejabat White House (yang sebelum dites positif Corona sempat berinteraksi dengan Presiden Trump).

Kekhawatiran Investor pandemik Covid-19 masih berlangsung membuat Investor memperkirakan resesi global akan terjadi. Index VIX mulai melewati level 50 yang merupakan “peak” dari beberapa kejadian kritis. Dengan melewati level 50, index VIX sepertinya menuju level 90 – 100 yang menyamai risiko pada waktu Global Financial Crisis 2008.

Kekhawatiran Investor memicu Panic Buying pada Safe Heaven, salah satunya adalah US Treasury dimana Yield US Treasury 10Yr terus turun dan sempat menyentuh 0.36%. Seperti halnya Ekonom dan Analis, The Primary Trader perkirakan tidak lama lagi Yield US Treasury 10Yr dapat berada di Negative Yield.

Saat ini Negative Yield terjadi pada obligasi negara Jepang, Jerman dan Perancis. Tampaknya Yield ketiga negara tersebut masih akan stabil berada di zona negatif dan negara AS akan segera ikut setelah Yield US Treasury 10Yr turun tajam dari sejak akhir Februari 2020.

The Primary Trader yakin kondisi saat ini hanya bisa dihadapi dengan ditemukannya obat Covid-19 yang dapat digunakan untuk menyembuhkan. Stimulus Moneter maupun Fiskal mungkin dapat menolong sementara namun data positif tersebut baru akan terlihat dalam 3 – 6 bulan ke depan pada data ekonomi maupun data laporan keuangan emiten. Sentimen positif yang akan membuat Investor kembali membeli pasar saham dan Risky Asset lainnya adalah ketika obat Covid-19 mulai dijual umum.

Berita bagusnya adalah hasil google search pagi ini (11 Maret 2020 pukul 08.13 WIB) menunjukkan hal yang positif sebagai berikut :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s