UNPUB : Pandangan IHSG Dengan Bollinger Band Complete Set. Ada Harapan!

IHSG + Bollinger Band : Segera Berada di atas Middle Band

Penurunan IHSG dari sejak awal April 2020 dapat dikatakan sebagai Tech. Correction bila dilihat dari kenaikan sejak akhir Maret 2020 (dari ~3,900). IHSG pun saat ini sedang terlihat naik untuk melewati Middle Band (MA20) yang saat ini di 4,595.

%BB : Uptrend Untuk Melewati >50

Hal ini didukung oleh %BB dimana sejak awal Maret 2020 telah bergerak naik dan terindikasi membentuk Uptrend. Ada potensi %BB segera berada di atas level 50 yang berarti IHSG berada di atas Middle Band.

Middle Band Direction : Mulai Mengarah Ke Atas

Middle Band Direction yang menunjukkan posisi arah pergerakan Middle Band atau MA20. Saat ini Middle Band Direction berada di angka positif yang artinya Middle Band sedang mengarah ke atas. Dengan mengarah ke atas maka ada indikasi IHSG akan Uptrend.

Bandwidth : Volatilitas Sedang Rendah

Bandwidth BB terlihat sedang turun dan dilevel yang relatif rendah. Hal ini menunjukkan volatilitas pergerakan IHSG sedang rendah. Dengan demikian, pergerakan IHSG (baik ke atas atau ke bawah) akan relatif tidak banyak (Less Volatile).

Bandwidth Histogram : Volatilitas Akan Meningkat

Bandwidth Histogram yang memperkirakan arah dari Bandwidth menunjukkan tren angka yang positif dari sebelumnya di angka negatif. Hal ini mengindikasikan adanya potensi pergerakan arah indikator Bandwidth. Bila indikator Bandwidth meningkat maka volatilitas akan meningkat. Indikator Bandwidth Histogram memperkirakan volatilitas IHSG akan meningkat.

Kesimpulan : Segera Rally

Ringkasan masing – masing indikator adalah sebagai berikut :

  • IHSG + Bollinger Band : Segera Berada di atas Middle Band
  • %BB : Uptrend Untuk Melewati >50
  • Middle Band Direction : Mulai Mengarah Ke Atas
  • Bandwidth : Volatilitas Sedang Rendah
  • Bandwidth Histogram : Volatilitas Akan Meningkat

Oleh karena itu, dapat disimpulkan IHSG berpotensi segera naik ke atas dengan volatilitas yang meningkat (Rally sebagai bagian dari Uptrend).

Pertanyaannya adalah, apakah Rally IHSG akan merubah Downtrend dari sejak awal tahun 2020 ?

The Primary Trader melihat pergerakan IHSG sejak April 2020 berada dalam pola Bullish Continuation yang sangat mungkin mengindikasikan kenaikan sejak akhir Maret 2020 (dari 3,900 ke 4,900) kembali terjadi. Ada potensi IHSG naik menuju 5,700 setelah Breakout 4,650 (dengan mengonfirmasi pola Bullish Continuation tersebut).

Namun untuk mengatakan akhir Downtrend dari sejak awal tahun 2020, IHSG perlu Breakout 5,400 dan The Primary Trader meragukan hal tersebut. The Primary Trader masih memperkirakan akan ada One Last Drop yang mengakhiri Downtrend dan memulai proses pembentukan pola Bullish Reversal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s