Find Your Own Katana – Lessons From “Ghost Of Tsushima”

Ghost of Tsushima: its creators explain how we will clean the blood of the  katana

The Primary Trader baru saja menyelesaikan game Ghost of Tsushima dan selama bermain, filosofi seorang Samurai sangat terasa sehingga sepanjang permainan, The Primary Trader (dan Gamer lain) merasa mendapat pelajaran hidup yang penting. Tentu pelajaran tersebut dapat diterapkan dalam proses Trading dan Investing.

The Primary Trader mengasumsikan pembaca sudah pernah bermain Ghost of Tsushima. Meskipun pembelajarannya dapat berbeda namun setidaknya kita sama – sama mendapatkan kebahagiaan yang sama dalam bermain game tersebut.

The time you enjoy wasting is not wasted time

Bertrand Russell

Katana Adalah Lethal Weapon. Begitupun Metode Standar Yang Kita Pelajari Di Awal Pembelajaran. Percayalah.

Kadang Gamer lupa bahwa Katana yang menjadi satu – satunya senjata utama di game adalah senjata yang sangat mematikan. Semua musuh dapat dikalahkan dengan Katana, tanpa perlu bantuan senjata lain – apalagi Ghost Weapon. Gamer bahkan tidak perlu selalu menggunakan Heavy Attack karena Quick Attack sudah cukup untuk mengalahkan musuh atau untuk memberikan serangan terakhir.

Ghost of Tsushima Combat Guide: 7 steps to mastery

Seringkali Trader atau Investor yang sudah mendapatkan ilmu dasarnya ragu untuk menerapkan ilmu dasar tersebut. Percayalah bahwa ilmu dasar tersebut sudah cukup untuk membantu Trader dan Investor mencapai tujuan investasi. Meskipun hanyalah sebuah Bullish Crossover pada Moving Average ataupun Actual Price to Earning Ration yang lebih murah dari Peers, hal tersebut cukup untuk menjadi alasan untuk melakukan Action Buy.

Pada saat kesempatan tersebut muncul, lakukan Quick Attactk.

Lebih Baik Pandangan Mata Dibanding Guiding Wind. Jangan Terlalu Banyak Mendengarkan Kata Orang Lain.

Hal menarik dari game ini adalah petunjuk arah menggunakan arah angin.

Ghost of Tsushima: 5 Hal Menarik di Dalamnya! | Medium

Namun beberapa kali The Primary Trader bingung dalam mencari lokasi dengan hanya menggunakan Guiding Wind. Pada akhirnya, pandangan secara visual lebih membantu dalam mencari lokasi yang diinginkan, baik itu menggunakan peta maupun dengan melihat sekeliling (memanfaatkan Camera Movement). Bonus memanfaatkan Camera Movement adalah Gamer dapat benar – benar menikmati pemandangan Jepang yang masih alami.

Trader dan Investor seringkali membaca riset atau bahkan mendengar dari orang lain terkait saham atau aset yang menarik. Lebih fatal lagi adalah untuk Trader yang bahkan tidak melihat Chart dari saham tersebut. Untuk Investor, apabila hanya melihat rasio dan kinerja keuangan perusahaan tanpa melihat kondisi makro ekonomi atau industri, hal tersebut pun cukup berbahaya.

Jangan lupa untuk melihat langsung “lingkungan” Trader atau Investor. Lihat Chart atau Laporan Tahunan misalnya.

Tujuan Utama Adalah Melindungi Warganya. Menjadi Samurai Atau “Ghost” Adalah Pilihan. Trading Atau Investing, Yang Paling Penting Adalah Pertambahan Dana Investasi.

The Primary Trader kurang setuju Jin Sakai dipaksa melakukan Stealth Attack (ini bukan Assasin’s Creed!!) atau menggunakan Poison Dart. Namun pada akhirnya, dalam melawan Mongols, Straw Hat atau Bandit yang seringkali berjumlah 3 – 5 orang dalam satu waktu, beberapa senjata seperti Kunai atau teknik Dance of Wrath seringkali menjadi andalan. Setidaknya Stealth Attack jarang digunakan karena kurang terlihat “Honor”-nya.

Apa sedikit perbedaan antara Kaku dan Konsisten. Menurut The Primary Trader, Kaku itu adalah ketika Lord Shimura, paman Jin Sakai, memaksakan diri untuk memperbaiki jembatan dalam menyerang Castle Shimura. Konsisten itu adalah ketika Sakai akhirnya menjadi Ghost (alias ninja) sepanjang sisa game dengan tujuan mengalahkan pasukan Mongol dan melindungi warganya.

Ghost of Tsushima Gameplay -Jin's Unanticipated Narrative

Seringkali kita berdebat lebih baik menjadi Trader atau Investor. Pada saat itulah kita lupa tujuan utama saat membuka akun dan menempatan dana investasi kita. Tentu kita ingin agar dana investasi awal berkembang yang membuat kita sejahtera pada waktunya nanti.

Ada beberapa poin penting yaitu : 1) dana investasi awal, 2) sejahtera dan 3) pada waktunya nanti. Tiga poin tersebutlah yang membuat tidak ada posisi yang lebih baik, Trader atau Investor.

Ada beberapa misi yang pada akhirnya harus dilakukan Stealth (The Primary Trader sangat kesulitan ketika harus mengendap – endap menaruh surat untuk Lord Shimura di kamarnya di dalam Castle Shimura). Selebihnya, Gamer dapat bebas menentukan kapan menjadi Samurai atau mengaktifkan Ghost Mode.


Masih banyak pelajaran dari Ghost of Tsushima yang dapat diterapkan pada Trading atau Investing seperti sikap kalem Jin Sakai (yang sebagian orang menganggap “Boring”) dan tanpa emosi pada sebagian besar pertempuran atau duel dengan musuh. Setidaknya tiga hal tersebut yang cukup membekas bagi The Primary Trader.

Semoga bermanfaat.

Author: MM Dandytra

Professional Tactical Asset Allocator, Internationally Awarded Technical Analyst, Private Investor / Trader, Amateur Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s