Invest In Health Then Wealth

Tulisan ini berbentuk pribadi sehingga kata “The Primary Trader” yang digunakan menggantikan kata “saya” tidak digunakan di dalam posting ini. Dengan demikian, kata “saya” kembali digunakan untuk mewakili penulis.

Sepanjang karir saya, investasi untuk meningkatkan kesejahteraan (alias kekayaan) melalui peningkatan aset menjadi perhatian utama. Saya mempelajari bagaimana Investor dapat mengembangkan dana investasinya di pasar modal terutama saham. Saya membantu klien individu maupun institusi bagaimana memilih aset investasi, kapan membeli atau menjual suatu aset, strategi seperti apa yang tepat digunakan pada suatu waktu serta cara mengatur dana investasi.

Posisi yang saya selama 10 tahun karir saya terbagi menjadi dua yaitu Analis Teknikal dan Manajer Investasi. Tentunya hal ini berbeda dengan Family Financial Planning namun saya dengan mudah mempelajari ilmu tersebut. Saya memahami bahwa sebelum memiliki dana investasi untuk dikembangkan di pasar modal, seseorang harus memiliki dana darurat (Contigency Planning) dan asuransi (Risk Management). Saya menggarisbawahi asuransi karena hal ini berkaitan dengan Wealth Protection. Sebaik apapun strategi Wealth Accumulation (Investasi) tidak akan ada gunanya bila Wealth Protection-nya lemah. Perhatikan bahwa Wealth Protection menjadi fondasi dasar terbesar dari diagram Wealth Creation and Management (Financial Planning).

Saya memahami hal tersebut sehingga sebelum memiliki rekening investasi sendiri (dimana Istri sudah diinformasikan username dan ID serta PIN agar memudahkan proses Wealth Distribution), saya menyusun program asuransi pribadi. Kebetulan saya dan Istri kerja serta mendapat program asuransi dari kantor dan asuransi kantor tersebut menjadi Asuransi Lapis Pertama.

Saya juga menggunakan asuransi yang preminya saya bayar pribadi dan menjadi Asuransi Lapis Kedua dengan asumsi apabila suatu saat nanti kantor kami tidak memiliki asuransi yang bagus atau malah kami tidak lagi menjadi pegawai kantoran maka asuransi pribadi ini sudah cukup murah premi-nya (karena dimulai ketika masih muda). Tentu sebagai warga negara yang baik, saya juga memanfaatkan program BPJS Kesehatan sebagai Asuransi Lapis Ketiga atau Last Resort.

Dengan demikian, saya merasa bahwa sebagai manusia, dari sisi Family Financial Planning, saya dan keluarga sudah cukup sesuai. Namun menjelang akhir tahun 2020, di saat pandemi Covid-19 masih merajalela, saya mempelajari hal penting yang juga masih merupakan bagian dari Familiy Financial Planning.

Health is not everything

But everything without Health is nothing

someone

Saya banyak melakukan investasi sesuai dengan diagram Wealth Creation and Management dan “membayar” mahal untuk menemukan fondasi terpenting yang belum ada di diagram tersebut. Fondasi ini seharusnya tetap masuk ke dalam diagram Wealth Creation and Management karena quote dari seseorang di atas.

Health Maintenance atau mempertahankan kondisi Sehat ternyata sangatlah penting karena pada akhirnya Wealth Protection (asuransi) adalah untuk melindungi aset yang ada setelah Wealth Accumulation. Namun demikian, saya rasa kita perlu berpikir sebelum mencari pihak yang membayar biaya ketika kita sakit, sebaiknya diri kita sendiri terlebih dahulu menjadi pihak untuk menghindari kita sakit.

Start Investment from Health Maintenance Fondation before Investment in Wealth Protection

The Primary Trader

Author: MM Dandytra

Professional Tactical Asset Allocator, Internationally Awarded Technical Analyst, Private Investor / Trader, Amateur Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s