Stock & Sectoral Analysis Menggunakan Klasifikasi IDX Industrial Classification atau IDX-IC (vs Ala The Primary Trader)

Penggunaan Klasifikasi Terbaru IDX yaitu IDX-IC

Sejak tahun 1996, IDX menggunakan Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA). Pada tahun 2021, IDX akan menggunakan IDX Industrial Classification atau IDX-IC dimana terdapat 4 tingkatan sebagai berikut :

The Primary Trader melihat IDX-IC lebih baik dibanding JASICA. IDX-IC terlihat lebih mirip dengan Global Industrial Classification Standard (GISC) yang disusun oleh MSCI dan S&P Dow Jones dan digunakan di pada indeks S&P serta MSCI. Dengan demikian, dapat dikatakan IDX-IC hampir menyerupai standar internasional yang dipakai oleh Investor global.

Selama ini The Primary Trader menggunakan klasifikasi pribadi dengan membagi sektor – sektor dari JASICA ke dalam empat golongan (atau Relation) yaitu :

  • Commodity Related (antara lain sektor CPO, Coal dan Mineral)
  • Consumer Related (antara lain sektor FMCF, Retail dan Media)
  • Infrastructure Related (antara lain sektor Construction dan Telecom)
  • Interest Related (antara lain sektor Bank dan Properti)

Seiring dengan perubahan dari JASICA ke IDX-IC, The Primary Trader perlahan akan mengikuti IDX-IC demi keseragaman dengan bursa. Artikel ini mencoba melihat dampak perbedaan antara klasifikasi The Primary Trader dengan IDX-IC.

Sector Quadrant Versi The Primary Trader

Versi yang saat ini digunakan untuk melihat sektor dari saham yang termasuk ke dalam indeks IDX80+SMC-LIQ adalah sebagai berikut :

The Primary Trader menggunakan empat Relation dalam menggolongkan sektor – sektor yang ada. Pada Commodities Relation, ada sektor seperti CPO, Coal dan Mineral.

Sector Quadrant Versi IDX-IC

Sektor dari saham IDX80+SMC-LIQ ke menggunakan IDX-IC adalah sebagai berikut :

Untuk memudahkan perbandingannya, The Primary Trader kembali menggolongkan sektor IDX-IC ke dalam Relation ala The Primary Trader. Terlihat sektor yang masuk ke dalam Commodities Relation antara lain Consumer Non-Cyclicals (CPO), Basic Materials (Mineral) dan Energy (Oil&Gas). Berikut perbandingannya :

Stock Quadrant Versi The Primary Trader

Versi yang saat ini digunakan terhadap saham yang termasuk ke dalam indeks IDX80+SMC-LIQ adalah sebagai berikut :

Karena The Primary Trader membagi ke dalam empat Relation maka kuadran di atas terdiri dari empat kuadran.

Stock Quadrant Versi IDX-IC

IDX-IC memiliki 9 sektor sehingga Stock Quadrant pun memiliki 9 kuadran sebagai berikut :

Pada IDX80+SMC-LIQ, ada beberapa sektor yang memiliki sedikit saham (Industrials dan Technology). Bahkan hanya satu saham di sektor Technology yaitu MTDL sehingga terkesan sia – sia. The Primary Trader akan membiarkan hal ini berharap ke depan akan terjadi pemerataan saham – saham IDX80+SMC-LIQ di setiap sektornya.

Sekilas memang terlihat sulit karena terdapat 9 kuadran. Namun The Primary Trader menyukainya karena penggolongannya lebih sesuai. Dan karena sama dengan IDX, maka ‘gaya bahasa’ yang digunakan dapat lebih universal dan dimengerti oleh Investor lainnya.

Menyambut IDX-IC

The Primary Trader akan mulai menggunakan IDX-IC dalam mempresentasikan Sector dan Stock Quadrant karena selain lebih sesuai, metode IDX-IC yang lebih universal diharapkan dapat lebih mudah dipahami.

Semoga.

Author: MM Dandytra

Professional Tactical Asset Allocator, Internationally Awarded Technical Analyst, Private Investor / Trader, Amateur Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s