IHSG : Melanjutkan Uptrend Di 2H21

The Primary Trader ingin melihat potensi pergerakan IHSG di 2H21 menggunakan metode Analisis Teknikal yaitu Klasik Analisis Teknikal, Ichimoku Kinko Hyo dan Moving Average.

Bullish Continuation Pattern

Berbentuk menyerupai Descending Triangle namun pergerakan IHSG sejak Desember 2020 tidak dapat disebut demikian karena Descending Triangle adalah pola Bearish Continuation dan harus didahului oleh Downtrend. The Primary Trader melihat Down Trendline-nya saja dan menyimpulkan IHSG sedang dalam Bullish Continuation. Perlu Breakout Down Trendline tersebut yang menjadi Resistance di 6,100 untuk melanjutkan Uptrend dari sejak Maret 2020.

Ichimoku Kinko Hyo

Menggunakan indikator “super lengkap” Ichimoku Kinko Hyo, terlihat bahwa IHSG sedang terancam Downtrend karena sejak Maret 2021 berada di bawah Cloud namun sejak pertengahan Mei 2021 sedang berada di Red Cloud. Ada harapan IHSG dapat keluar dan berada di atas Red Cloud karena “di ujung” Ichimoku Kinko Hyo mulai muncul Green Cloud.

Tenkan Sen (haris merah) dan Kijun Sen (garis biru) telah Bullish Crossover di awal Mei 2021. Hal ini memberi peluang tambahan untuk IHSG keluar ke atas Red Cloud.

Moving Averages

Menggunakan kombinasi 3 Moving Average : 20, 60 dan 200, IHSG mulai mantap berada di atas ketiganya. The Primary Trader memperhatikan “arah” dari Moving Average karena percaya Moving Average yang mengarah ke atas berarti menambah “kekuatan” Bullish dan sebaliknya.

MA200 telah mengarah ke atas sejak Desember 2020 lalu yang dapat dilihat dari indikator MA200 Direction (berada di zona positif sejak Desember 2020). MA20 telah mengarah ke atas sejak Mei 2021 dan terlihat dari MA20 Direction. The Primary Trader sedang menunggu MA60 Direction berada di zona positif yang berarti menandakan MA60 sedang mengarah ke atas (dari saat ini yang sedang mengarah ke bawah karena MA60 Direction di zona negatif).

The Primary Trader juga melihat adanya Bullish Crossover pada MA20 dan MA60 di bulan Juni 2021 dan terbukti dari MACD antara MA20 dan MA60 yang memasuki zona positif (setelah sejak April 2021 berada di zona negatif). Ada ancaman terjadinya Bearish Crossover antara MA60 dan MA200 namun The Primary Trader perkirakan peluangnya kecil.

Kesimpulan

The Primary Trader percaya IHSG akan melanjutkan Uptrend yang dimulai dari Maret 2020 lalu. IHSG harus Breakout 6,100 untuk memulai kelanjutkan Uptrend dan The Primary Trader perkirakan hal itu akan terjadi dalam 1-2 bulan ke depan.

Semoga.

Author: MM Dandytra

Professional Tactical Asset Allocator, Internationally Awarded Technical Analyst, Private Investor / Trader, Amateur Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s